Jakarta Selatan, 2 April 2024 – MTsN 19 Jakarta Selatan bersama dengan Puskesmas Kecamatan Cilandak dan Puskesmas Kelurahan Pondok Labu telah sukses menyelenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai pencegahan demam berdarah dan peningkatan peran serta masyarakat dalam program Jumantik (Juru Pemantau Jentik). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya demam berdarah serta upaya pencegahannya ini dilaksanakan dengan antusias oleh para siswa siswi madrasah.

Dalam acara yang diadakan di MTsN 19 Jakarta Selatan yang dibantu osis madrasah, peserta mendapat pengetahuan luas mengenai cara-cara pencegahan demam berdarah, termasuk deteksi dini gejala dan langkah-langkah penanganannya. Selain itu, para peserta juga diberikan informasi mengenai peran penting Jumantik dalam mengawasi perkembangan larva nyamuk Aedes aegypti, faktor penyebab utama demam berdarah.

“Kami merasa sangat bersyukur dapat bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Cilandak dan Puskesmas Kelurahan Pondok Labu dalam kegiatan sosialisasi ini. Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat lebih banyak lagi menyebarkan pengetahuan tentang pentingnya pencegahan demam berdarah kepada masyarakat,” ujar Kepala MTsN 19 Jakarta Selatan, Ibu Vera Kusmayanti, M.Pd.

Selain penyuluhan mengenai demam berdarah, kegiatan ini juga memperkenalkan program Duta Jumantik kepada para siswa siswi madrasah. Duta Jumantik merupakan perwakilan dari masyarakat yang bertugas melakukan pengawasan terhadap potensi perkembangan jentik nyamuk di lingkungan mereka masing-masing.

“Dengan melibatkan osis dan siswa siswi madrasah sebagai Duta Jumantik, kami berharap dapat meningkatkan peran serta mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran penyakit,” tambah ibu Vera Kusmayanti, M.Pd.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat sambutan hangat dari para peserta yang hadir, baik dari kalangan siswa siswi maupun guru dan tenaga pendidikan. Mereka berharap akan adanya kegiatan serupa di masa mendatang guna terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan demam berdarah dan peran aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

By mtsn19