[Jakarta, 11 Januari 2024] – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta Selatan telah resmi menjalin kerjasama dengan Rumah Sosial Kutub untuk melaksanakan program “MADRASAH TERSENYUM” yang bertujuan mengedukasi tentang hidup sehat, hidup bersih, dan hidup berkah melalui program “Go Health,” “Go Green,” dan “Go Berkah.”

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara MTsN 19 Jakarta Selatan dan Rumah Sosial Kutub dilakukan pada hari Kamis, 11 Januari 2024, dihadiri oleh seluruh siswa, guru, orangtua, dan karyawan madrasah. Program ini secara khusus mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan, keberlanjutan lingkungan, dan manfaat dari sedekah minyak jelantah.

Rumah Sosial Kutub akan melakukan pendampingan, monitoring, dan evaluasi untuk memastikan keberlanjutan program. Kegiatan ini juga melibatkan pengumpulan minyak jelantah setiap hari Jumat dari seluruh peserta program, termasuk siswa, guru, dan orangtua.

Dalam sambutannya, perwakilan Rumah Sosial Kutub menjelaskan bahwa program “MADRASAH TERSENYUM” tidak hanya mengajarkan kebersihan lingkungan, tetapi juga memberikan solusi konkrit terhadap masalah limbah minyak jelantah. Para peserta program dihimbau untuk tidak membuang limbah minyak jelantah sembarangan, terutama di saluran air atau wastafel, karena dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Setiap Jumat, seluruh peserta diminta untuk mengumpulkan limbah minyak jelantah di rumah masing-masing dan membawanya ke madrasah. Kriteria minyak jelantah yang diterima adalah yang berwarna coklat atau hitam, sementara yang berwarna jernih dianggap sebagai minyak baru dan tidak diperbolehkan.

“Penting untuk kita semua tidak hanya mengumpulkan minyak jelantah, tetapi juga memahami mengapa hal ini dilakukan. Minyak jelantah yang terkumpul nantinya akan diolah menjadi biodiesel di Eropa dan diekspor ke Finlandia. Hasil penjualan biodiesel tersebut akan menjadi sumber dana sosial untuk madrasah,” jelas perwakilan Rumah Sosial Kutub.

Dana sosial yang terkumpul akan disalurkan kembali kepada MTsN 19 Jakarta Selatan untuk mendukung program-program sosial, beasiswa, dan kegiatan keagamaan. Keberhasilan program ini sudah diresmikan oleh Bapak Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta pada akhir tahun lalu.

Dengan demikian, program “MADRASAH TERSENYUM” di MTsN 19 Jakarta Selatan menjadi langkah inovatif dalam mengajarkan pendidikan lingkungan dan memberikan manfaat ekonomi bagi madrasah serta kesempatan untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan.

By mtsn19