Click Here
Click Here
Click Here
Click Here
Click Here
Click Here
Previous
Next

Jakarta- (Rabu, 8 Juni 2022) Setelah melakukan pembelajaran tatap muka selama semester genap, pekan ini MTsN 19 Jakarta Selatan melakukan PAT (Penilaian Akhir Tahun). PAT dilaksanakan selama 1 pekan mulai dari Hari Senin, 6 Juni 2022 sampai dengan Jum’at 10 Juni 2022. Pelaksanaan PAT ini juga dilaksanakan serempak bersama MTs lain di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. PAT hanya diikuti oleh siswa-siswi MTsN 19 Jakarta Selatan kelas 7 dengan jumlah 192 siswa dan kelas 8 yang berjumlah 145 siswa yang dibagi menjadi 12 ruangan ujian.

Ada sedikit yang berbeda dari PAT tahun sebelumnya, tahun ini PAT dilaksanakan menggunakan fitur CBT (Computer Based Test) yang terdapat dalam platform E-Learning.
Pencapaian sebuah target perlu diperhitungkan dengan matang, apalagi program yang dilaksanakan merupakan kegiatan baru yang belum pernah dilakukan. Dampak dari Pandemi banyak sekali merubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru khususnya di bidang teknologi. Meski butuh penyesuaian yang tidak mudah, namun bagi seseorang atau sebuah instansi yang bersemangat tinggi, pencapaian target di masa pandemi ini bukan suatu hal yang mustahil dilakukan.

Begitupula yang dialami oleh MTsN 19 Jakarta Selatan, selain masalah perangkat yang harus digunakan, keaktifan dan pemahaman siswa dalam mengerjakan CBT pada awalnya memunculkan sedikit kekhawatiran bagi guru dan panitia pelaksanaan PAT. Namun, setelah pelaksanaan berlangsung selama 2 hari kemarin ternyata fitur CBT ini memudahkan segala proses PAT baik bagi guru maupun bagi siswa. Fitur CBT ini dapat menghemat waktu, tenaga dan sarana prasarana. Misalnya prasarana yang sebelumnya harus banyak menggunakan kertas untuk soal ujian dan butuh proses koreksi untuk penilaian serta penginputan nilai yang begitu banyak memakan waktu dan tenaga, sekarang dapat di hemat dengan teknologi CBT ini.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu guru yang juga merupakan panitia pelaksaan PAT “Panitia, Guru sudah sangat ringan dari pekerjaannya. misalnya saya sebagai guru, tanpa harus ngoreksi jadi hemat waktu, hemat tenaga. Nilai juga sudah ada tanpa perlu saya ngoreksi pokonya hemat waktu, kemudian ATK-nya juga hemat banyak jadi gaperlu pakai kertas banyak.”

Hal tersebut tentunya perlu perjuangan yang tidak ringan terutama wali kelas yang bertanggung jawab memastikan seluruh siswa di kelasnya dapat melaksanakan ujian dengan lancar dan sukses. Alhamdulillah, semua bisa berjalan sesuai harapan.

Karena saat ini pandemi masih belum sepenuhnya berakhir, proses pelaksanaan PAT masih menjalankan protokol kesehatan. Seluruh siswa, guru serta panitia alhamdulillah masih mematuhi segala protokol kesehatan yang telah dilakukan sejak awal pandemi yaitu memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas dan menjaga jarak. Semoga hingga hari terakhir PAT ini akan terus berjalan dengan lancar tanpa kenadala apapun. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kelancaran dan kesuksesan bagi kita semua. Aaamiin. 

By mtsn19