Selasa, 10 Januari 2023 telah dilaksanakan seminar parenting kepada wali murid dari kelas 9 MTsN 19 Jakarta. Seminar ini diisi oleh pemateri dari Nurul Fikri sebagai mitra MTsN 19 yang telah melakukan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) kepada seluruh siswa kelas IX.

MBTI Adalah Salah Satu Alat Tes Psikologi Yang Dapat Mengungkap Kepribadian Secara Lengkap. Setiap manusia mempunyai kecenderungan jiwa yang berbeda. Tes MBTI ini dilakukan untuk menganalisa bakat minat anak-anak kelas IX yang akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang SMA/MA agar lebih mudah dalam memilih peminatan jurusan. Karena pada Kurikulum Merdeka ini penentuan karir anak akan dimulai dari kelas X agar kurikulumnya dapat mendukung karir siswa tersebut.

Tujuan tes MBTI:
1. Bisa melihat keunikan diri
2. Mengenali potensi dan kekuatan diri agar dapat dikembangkan dengan baik.
3. Dapat memahami dan menghormati diri sendiri dan orang lain dengan perbedaan masing-masing.

Penting untuk orangtua mengetahui bakat dan minat anak kita agar ketika pemilihan sekolah sudah tidak bingung untuk memilih jurusan sekolah yang ingin diambil. Karena ketika kita sudah tau apa bakat dan minatnya dia akan memahami kekuatan dan kekurangan dirinya. Sehingga pengembangan kompetensi diri si anak lebih cepat dan anak dapat berprestasi di bidangnya.

Jika anak ingin jadi juara dia harus self awarness akan kemampuan dan kekurangan diri. Sadar dimana kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat mengembangkan potensi diri dengan tepat. Orang tua dan anak jika diibaratkan sebagai sebuah tim yang harus bekerja sama dan saling memahami untuk menentukan karir masa depan anak. 

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *