Senin, 30 Oktober 2023 – Pada hari ini, Senin, 30 Oktober 2023, MTsN 19 Jakarta Selatan menggelar kegiatan Market & Culture Day yang bertujuan untuk menerapkan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam mengembangkan karakter siswa sekaligus mendukung jiwa wirausaha mereka.

Market Day adalah salah satu elemen penting dalam kegiatan ini, di mana para siswa dapat belajar untuk menjual berbagai hasil karya mereka, terutama dalam bidang kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk buatan siswa-siswa MTsN 19 Jakarta Selatan. Dalam proses ini, siswa tidak hanya memperoleh pengalaman dalam berwirausaha, tetapi juga berkontribusi pada penguatan karakter mereka.

Tema Culture Day untuk tahun ini adalah “Bhineka Tunggal Ika,” yang merujuk pada semangat kebhinekaan dan persatuan dalam keragaman budaya Indonesia. Dalam konteks pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diutamakan adalah bergotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Projek Culture Day melibatkan siswa kelas 7 hingga kelas 9, sedangkan Market Day merupakan bagian dari projek kelas 7. Oleh karena itu, seluruh kelas 7 terlibat sebagai pedagang yang menjual makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai bagian dari Culture Day, berbagai kegiatan budaya digelar, termasuk perlombaan permainan khas dari beberapa daerah, seperti gasing, gobak sodor, tari bambu, egrang batok dan juga fashion show pakaian adat. Acara ini tidak hanya memperkuat pemahaman siswa tentang keragaman budaya di Indonesia, tetapi juga memungkinkan mereka untuk merasakannya secara langsung.

Seluruh civitas akademika MTsN 19 Jakarta Selatan ikut serta dalam meramaikan Culture Day dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia, menciptakan suasana yang sangat berwarna dan penuh semangat kebhinekaan.

Kegiatan Market & Culture Day ini bukan hanya sebuah acara sekolah, tetapi juga merupakan sebuah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menjadi individu yang berkarakter, memiliki jiwa kewirausahaan, dan memahami nilai-nilai Pancasila serta semangat kebhinekaan. Semoga kegiatan ini akan terus memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan siswa-siswa MTsN 19 Jakarta Selatan.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *