Jakarta, 27 Oktober 2023 – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta telah sukses menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO) dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dalam rangka Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan LDKS yang berlangsung pada tanggal 25 hingga 26 Oktober 2023 ini bertempat di Bekang Kostrad TNI AD, Jawa Barat. LDKS adalah program pelatihan yang bertujuan mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan di kalangan siswa.

LDKS merupakan kegiatan yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas 7 serta anggota OSIS dari kelas 8 dan 9. Program ini dianggap sebagai sarana penting untuk membekali siswa dengan keterampilan kepemimpinan yang mendasar. Tema dari kegiatan ini adalah “Mempersiapkan Pemimpin Berkarakter, Demokratis, Mandiri, Kreatif, dan Inovatif.”

Selain menumbuhkan jiwa kepemimpinan, LDKS memiliki berbagai manfaat yang diharapkan dapat membentuk pribadi siswa dalam berbagai aspek, termasuk:

  1. Jiwa Kepemimpinan: Siswa akan mengembangkan kemampuan kepemimpinan yang kuat dan memiliki wawasan yang lebih mendalam tentang apa yang dibutuhkan untuk memimpin dengan efektif.
  2. Ilmu Manajemen: Peserta LDKS akan memperoleh pengetahuan dasar tentang manajemen organisasi, termasuk perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian.
  3. Disiplin: Kegiatan ini akan memperkuat disiplin diri siswa, membantu mereka untuk mengikuti aturan dan jadwal dengan baik.
  4. Tanggung Jawab: Siswa akan memahami arti tanggung jawab dan mengembangkan sikap yang bertanggung jawab terhadap tugas dan organisasi.
  5. Religius: LDKS juga mempromosikan nilai-nilai religiusitas dan kesadaran spiritual di antara peserta.
  6. Menghargai Prestasi: Peserta akan belajar untuk menghargai pencapaian individu dan kelompok, serta memotivasi sesama untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
  7. Peduli Lingkungan: Kesadaran akan lingkungan dan tanggung jawab terhadap lingkungan juga menjadi fokus dalam LDKS.
  8. Kerja Sama: Siswa akan diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kerja sama dalam konteks berorganisasi.
  9. Demokratis: Nilai-nilai demokrasi dan partisipasi aktif akan ditanamkan, sehingga siswa dapat menjadi pemimpin yang demokratis.
  10. Berpikir Kritis: Peserta akan diajarkan untuk berpikir kritis, mengidentifikasi masalah, dan mencari solusi yang efektif.

Tujuan utama dari LDKS dan LDKO ini adalah untuk membekali siswa dengan pemahaman tentang pentingnya organisasi, mengembangkan sikap tanggung jawab dan disiplin, serta memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan berorganisasi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sifat mandiri, rasa memiliki, serta kemampuan untuk berpikir kritis dan mencapai kesuksesan dalam sebuah organisasi.

Diharapkan bahwa setelah mengikuti kegiatan LDKS dan LDKO ini, siswa-siswa MTsN 19 Jakarta akan menjadi calon pemimpin yang lebih siap dan berpotensi untuk mengambil peran aktif dalam menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat dan lingkungan mereka.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *