Tanggal 15-16 Agustus 2023, Villa Kebunsu, Cijeruk, Bogor

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan, karakter yang kuat dan batin yang kokoh menjadi pondasi utama dalam mencapai tujuan dan kesuksesan. Hal ini diyakini oleh seluruh guru dan karyawan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta, yang pada tanggal 15-16 Agustus 2023, berkumpul di Villa Kebunsu, Cijeruk, Bogor untuk sebuah acara yang membangun karakter dan menyolidkan hubungan antaranggota.

Mengambil Standar Lebih Besar dan Pantang Menyerah

Instruktur outbound yang memandu acara ini memaparkan bahwa satu dari aspek penting dalam membangun karakter adalah memiliki keberanian untuk mengambil tantangan yang lebih besar. Dalam perjalanan menuju Villa Kebunsu pada pagi hari tanggal 15 Agustus, para peserta telah diberi semangat untuk berani keluar dari zona nyaman. Pesan yang disampaikan adalah bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebuah langkah menuju kesuksesan asalkan tetap berusaha.

Berkolaborasi dan Bertanggung Jawab dalam Tim

Selama acara, seluruh peserta ditempatkan dalam berbagai tim yang berbeda-beda, termasuk guru, staff tata usaha, OB, dan satpam. Mereka diajak untuk bekerja sama dalam berbagai tantangan dan permainan. Hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan teamwork dan kemampuan untuk bekerja bersama dengan efektif. Selain itu, pesan penting mengenai tanggung jawab terhadap tugas masing-masing juga ditekankan, sebagai bagian integral dalam membangun karakter yang solid.

Peduli terhadap Lingkungan dan Kemauan Mendengar

Dalam kehidupan sehari-hari, kesibukan seringkali membuat kita lupa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Peserta diingatkan untuk selalu aware terhadap lingkungan, baik itu dalam konteks fisik maupun sosial. Kemauan untuk mendengar pendapat dan masukan dari sesama juga menjadi nilai yang dihargai dalam membangun karakter yang baik.

Meraih Tujuan dan Dukungan Tim

Dalam upaya mencapai tujuan bersama, para peserta dipacu untuk tidak hanya fokus pada pencapaian individu, tetapi juga merangkul semangat supporting team. Dukungan tim yang kuat merupakan kunci dalam mencapai hasil yang lebih baik. Selama sesi evaluasi program kerja madrasah yang telah dilakukan selama setahun, para guru dan karyawan saling memberikan masukan dan dukungan demi meningkatkan mutu kerja.

Outbound Sebagai Sarana Pembentukan Karakter

Puncak acara pada tanggal 16 Agustus adalah sesi outbound yang dipandu oleh Team Outbound dari Kebunsu. Melalui serangkaian aktivitas menantang, para peserta diberi kesempatan untuk mengasah keterampilan komitmen, konsistensi, dan kerjasama. Pesan penting yang diambil dari kegiatan ini adalah bahwa keluar dari zona nyaman adalah langkah penting dalam membangun karakter yang kuat dan tahan banting.

Melalui kegiatan ini, guru dan karyawan MTsN 19 Jakarta membuktikan bahwa membangun karakter yang baik tidak hanya melibatkan aspek akademis, tetapi juga aspek batin dan interpersonal. Dengan keberanian mengambil tantangan, kemampuan berkolaborasi, dan komitmen untuk terus berkembang, mereka siap melangkah menuju tujuan yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *