Hari ini seluruh civitas akademika MTsN 19 Jakarta telah melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Meski dilakukan di 10 hari bulan ramadhan, namun tarhib ramadhan ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat di 10 terakhir bulan ramadhan. Meski di akhir namun semangatnya tetap seperti di awal ramadhan. Aaamiinn.

Tarhib ramadhan ini merupakan salah satu rangkaian acara Gebyar Ramadhan yang mengusung tema “Merealisasikan Bakat dan Kreativitas Siswa”. Oleh karena itu rangkaian acara ini dimulai dengan perlombaan keagamaan yang dilaksanakan seminggu sebelumnya. Ragam perlombaan yang diadakan yaitu lomba Adzan, Pidato dan design poster ramadhan. Perlombaan tersebut diadakan secara daring yakni masing-masing peserta dari setiap kelas mengirimkan vidio dan hasil karyanya kepada panitia untuk kemudian panitia melakukan penilaian untuk dipilih 3 pemenang dari masing-masing lomba.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti perlombaan Gebyar ramadhan ini dengan bukti banyaknya peserta yang mengirimkan vidio dan hasil karyanya kepada panitia. Alhamdulillah setelah melalui penilaian yang cukup ketat panitia telah mengumumkan para pemenang lomba Gebyar Ramadhan di akhir sesi Tarhib ramadhan hari ini.

Ibu Vera Kusmayanti sebagai kepala madrasah memberikan sambutan sekaligus pengarahan dan motivasinya kepada para siswa. Ibu Vera menjelaskan bahwa setiap diri kita adalah orang hebat, karena berhasil menjadi petarung yang unggul dengan lahir ke dunia ini. Kalau kita sudah berfikir positif ke diri kita, kita tidak akan pernah merasa lemah dan terpuruk, karena pada dasarnya kita adalah makhluk allah yang hebat. Maka dari itu mari kita buktikan dengan cara melakukan segala amaliyah ramadhan dengan sebaik-baiknya karena segala kegiatan baik yang kita lakukan akan bernilai pahala yang berkali-kali lipat.

“Kalau kita tidak mengikuti era digital, maka kita akan tergilas, tapi jangan era digital ini menggilas akhlak kalian, naudzubillah” Pesan ibu kepala madrasah di akhir sambutannya kepada para siswa yang merupakan generasi milenial.

Kemudian setelah sambutan yang hangat dari kepala MTsN 19 Jakarta, acara dilanjutkan dengan tausiyah keagamaan yang diisi oleh bapak Rangga, S.Pd dari Nurul Fikri. Pak Rangga tidak hanya memberikan ceramahnya di acara ini namun juga memotivasi siswa untuk selalu berlomba-lomba dalam berprestasi. Alhamdulillah dengan adanya ceramah dan dorongan motivasi dari beliau seluruh siswa/i MTsN 19 Jakarta Selatan menjadi lebih terpacu semangatnya untuk meraih prestasi lebih banyak lagi. Semoga usaha ananda siswa/i MTsN 19 Jakarta Selatan untuk mengharumkan nama baik madrasah juga meningkatkan prestasi madrasah mendapat ridha dari allah SWT. Aaamiin yaa rabbal ‘alaamiin..

Tarhib Ramadhan kali ini dihadiri oleh para siswi kelas 7 & 8, dewan guru yang sedang tidak bertugas membagikan raport PTS, serta paratenaga kependidikan lainnya. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 06:30 WIB s/d Selesai, diawali dengan Penampilan Sholawat dari grup vokal siswa, sambutan kepala madrasah, tausiah agama, pembagian hadiah lomba Gebyar Ramadhan dan ditutup dengan doa bersama serta mushafahah bersama seluruh siswa/i kelas 7 & 8, dewan guru MTsN 19 Jakarta Selatan. Siswa dan Siswi pun sangat antusias mengikuti kegiatan Tarhib Ramadhan hingga akhir. Alhamdulillah.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *