Hari pertama masuk sekolah usai hari raya Idul Fitri yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pendidikan nasional berdasarkan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional. Oleh karena itu segenap civitas akademika MTsN 19 Jakarta Selatan membuka kegiatan hari ini dengan Upacara Peringatan HARDIKNAS dan dilanjutkan dengan Halal Bihalal .

Upacara yang dilangsungkan pada pukul 07.00 WIB di lapangan MTsN 19 Jakarta Selatan berjalan dengan khidmat dipimpin oleh pembina upacara yaitu Ibu Vera Kusmayanti, M.Pd selaku kepala Madrasah Negeri 19 Jakarta Selatan. Sesuai dengan tema HARDIKNAS tahun 2023 ini yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” pembina upacara menyampaikan pidato menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengenai menumbuhkan semangat generasi emas Indonesia dalam menuntut ilmu.

Sudah 3 tahun berjalan Kurikulum Merdeka Belajar diluncurkan ke seluruh penjuru Indonesia sehingga membawa Pendidikan Indonesia lebih dekat dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara. Yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Kurikulum Merdeka juga menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan Karakter dan kompetensi peserta didik.

Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan semarak. Hari Pendidikan Nasional ini pun menjadi ajang refleksi diri, sudah berapa banyak tantangan yang sudah dilalui, dan sudah sejauh mana langkah berani yang sudah kita ambil. Dengan merefleksikan segala hal yang sudah kita hadapi sepanjang 3 tahun berjalan ini, agar kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Usai melangsungkan Upacara pengibaran bendera HARDIKNAS, kegiatan dilanjutkan dengan halal-bihalal bersama seluruh guru, karyawan dan siswa MTsN 19 Jakarta. Halal bihalal bersama siswa ditutup dengan musofahah di lapangan MTsN 19 Jakarta. Kemudian, acara dilanjutkan dengan ramah taman yang dilangsungkan di rumah Kepala Madrasah 19 Jakarta Selatan yakni ibu Vera Kusmayanti, M.Pd bersama seulurh dewan guru, karyawan beserta komite MTsN 19 Jakarta Selatan. Keseruan Halal bihalal di rumah ibu Vera dapat disaksikan pada vidio berikut ini https://www.instagram.com/p/CrvYaT8JwVy/ . (Humas MtsN19)

By mtsn19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *