Kamis, 17 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan market day oleh 128 siswa kelas VII MTsN 19 Jakarta Selatan dan dihadiri oleh seluruh warga MTsn 19 Jakarta Selatan juga siswa/i MAN 11 Jakarta. Market day merupakan projek ke-2 dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan amanah Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka dikembangkan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik yang digunakan dalam kurikulum ini adalah pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila serta fleksibilitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai kemampuan peserta didik.

Market day adalah kegiatan berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk buatan siswa itu sendiri. Projek ini merupakan ajang praktik langsung oleh siswa dari apa yang telah mereka pelajari dari pelajaran sekolahnya. Seperti pelajaran kreasi dan pengolahan makanan yang terdapat dalam matapelajaran prakarya, kemudian dari pelajaran seni budaya siswa diajarkan untuk bagaimana membuat media promosi dengan menggunakan poster/ flyer, dan juga pelajaran bahasa inggris yang dipraktekkan dalam presentasi promosi produk yang mereka jual.

Kegiatan market day dimeriahkan oleh penampilan tari daerah dari kelas VIII dan penampilan musik akustik yang ditampilkan oleh kelas IX, kemudian dibuka secara simbolis oleh pak Gozali mewakili kepala madrasah. Setelah pembukaan yang cukup meriah, seluruh peserta disilahkan untuk mengunjungi stand-stand yang telah disediakan. Dalam market day ini ada 20 stand yang menjual aneka makanan dan minuman olahan. 

Market day diharapkan dapat mendidik siswa mengembangkan jiwa enterpreneur sekaligus penguatan karakter siswa. (Humas/zk)

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *