Jakarta (MTs Negeri 19 Jakarta) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Senin, Selasa, dan Kamis, 17,18, dan 20 Juli 2023. MATSAMA hari pertama diawali dengan apel pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan madrasah. Sejumlah 142 siswa mengikuti kegiatan MATSAMA. Pembukaan kegiatan MATSAMA juga dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 19 Jakarta. Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 ini dibuka secara resmi oleh Kepala MTsN 19 Jakarta, Vera Kusmayanti, M.Pd.

Kamad menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di MTsN 19 Jakarta. “MATSAMA bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter anak-anak dengan materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuhkan perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,” tutur Kepala Madrasah.

Usai sambutan Kepala Madrasah, rangkaian apel dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal oleh Kamad kepada perwakilan peserta MATSAMA, Muhammad Fajri Sya’ban dan Syal Sabila. Setelah itu, seluruh peserta MATSAMA secara bersama mengalungkan tanda pesertanya masing-masing, dilanjutkan dengan melepaskan balon udara 1 dan menghujani para peserta matsama dengan balon. Pelepasan balon ini bermakna siswa baru telah memasuki tahap baru, dari SD/MI menuju jenjang baru yaitu MTs.

Setelah apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan pemberian materi yang sudah dijadwalkan panitia. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama MATSAMA ini adalah Sejarah Madrasah oleh Kamad MTsN 19 Jakarta Selatan yaitu Ibu Vera Kusmayanti, M.Pd., Moderasi Beragama oleh Bapak H. Ghozali, S.Ag. sebagai waka bidang Humas, Pengenalan Sarana dan Prasarana oleh Bapak H. Ahmad Zaeni, SE., M.Pd. sebagai waka bidang Sarpras, serta PHBS (Pengenalan Hidup Bersih) oleh Petugas Puskesmas Kelurahan Pondok Labu. Kegiatan MATSAMA juga diisi dengan pembiasaan karakter dengan shalat duhur berjamaah.

Siswa sangat antusias mengikuti MATSAMA hari pertama. Kegiatan semakin samarak dengan dengan ice breaking yang diberikan oleh OSIS MTs Negeri 19 Jakarta. Alhamdulillah acara MATSAMA hari pertama berjalan dengan lancar. Kegiatan MATSAMA hari pertama selesai pada pukul 14.00 dan ditutup dengan apel untuk evaluasi.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *