Jakarta Selatan, 6 September 2023 – Hari ini, Rabu, 6 September 2023, Lapangan Madrasah MTsN 19 Jakarta Selatan menjadi saksi dari sebuah peristiwa penting dalam kalender pendidikan sekolah ini. Pemilihan Umum Raya Siswa (Pemilu Raya) digelar dengan meriah, melibatkan seluruh siswa-siswa MTSN 19 jakarta dengan kelas 8 beserta Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai panitianya.

Acara ini merupakan bagian dari pengimplementasian dari P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin) yaitu Demokrasi Pancasila. Proyek ini tidak hanya mencerminkan semangat demokrasi pancasila yang mengakar dalam masyarakat Indonesia, tetapi juga menunjukkan komitmen MTsN 19 Jakarta Selatan dalam mendidik siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab.

Panitia acara yang terdiri dari guru mata pelajaran terkait, seperti Matematika (MTK), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta Akidah Akhlak, telah bersiap selama beberapa pekan untuk memastikan bahwa Pemilu Raya ini berjalan lancar.

Pemilu Raya ini mempunyai tiga pilihan utama yang akan diputuskan oleh para siswa MTsN 19 Jakarta Selatan. Pertama, pemilihan Ketua OSIS yang memiliki tiga bakal calon yang berkompetisi dengan visi dan misi mereka. Kedua, pemilihan Duta Anti Narkoba yang juga memiliki empat bakal calon yang akan bersaing untuk mempromosikan gaya hidup bebas narkoba di kalangan siswa. Terakhir, pemilihan Duta Moderasi Beragama dengan empat bakal calon yang akan memperjuangkan nilai-nilai moderasi dan toleransi antaragama.

Acara ini memiliki susunan yang teratur, yang dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia, Bapak Mohammad Idham Chaled, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah yang diwakili oleh Ibu Iin Aulia. Seluruh panitia kemudian memberikan sumpah integritas untuk memastikan jalannya pemilu yang adil dan bersih dipimpin oleh wakil kepala bidang humas, bapak H. Ghozali.

Simulasi pencoblosan dan tata cara pemungutan suara diselenggarakan oleh OSIS kelas 9, dipandu oleh Bu Lies Saodah. Pada tahap selanjutnya, kelas 7 menampilkan penampilan yang menghibur, dibawakan oleh Ananda Sarah Ferina dan Anindiya dari kelas 73.

Juri yang terdiri dari pakar dalam bidangnya juga telah siap memantau jalannya pemilu. Mereka adalah Pak Sofyan (pertanyaan narkoba), Pak Syaifudin (pertanyaan OSIS), dan Bu Nani (moderasi beragama). Kelas 81 sampai 84 juga tampil dengan Yel-yel kreatif dan uji kelayakan.

Selain itu, kelas 81-84 juga akan menampilkan kreativitas mereka dalam uji kelayakan, yang akan dinilai oleh juri yang sama. Acara ini akan ditutup dengan doa oleh OSIS.

Pemilu Raya Siswa MTsN 19 Jakarta Selatan adalah salah satu momen yang menampilkan demokrasi mini dalam lingkup sekolah yang tidak hanya menciptakan pemimpin muda yang tangguh tetapi juga mengajarkan nilai-nilai demokrasi dan partisipasi aktif dalam masyarakat. Semoga hasil pemilihan ini membawa kemajuan dan kebaikan bagi madrasah ini dan masyarakat sekitarnya.

By mtsn19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *